Rabu, 28 November 2012

Lambang Negara RI "Garuda Pancasila"



LAHIRNYA PANCASILA
Apa sebenarnya pancasila itu ? sebenarnya pancasila adalah berasal dari bahasa sansekerta, yaitu kata panca dan sila, kata panca mempunyai arti yaitu “lima”, sedangkan kata “sila” mempunyai arti “dasar”. Jadi, pancasila mempunyai arti lima dasar. Perkataan pancasila mulanya terdapat dalam kepustakaan Budha di India. Ajaran budha ini bersumber dari kitab suci Tripitaka yang terdiri dari tiga buku besar yaitu “Sutta Pitaka, Abhidama pitaka, dan Vinaya Pitaka. Didalam ajaran Budha terdapat ajaran moral untuk mencapai nirwana dengan melalui Samadhi. Ajaran-ajaran moral tersebut adalah :

-          Dasa Syiila
-          Sapta Syiila
-          Panca Syiila

Ajaran Pancasyiila menurut Budha adalah merupakan lima aturan yang harus di tatati serta dilaksanakan oleh seluruh penganutnya. Pancasyiila yang berisi lima aturan (larangan) itu antara lain :
  1. Dilarang membunuh
  2. dilarang mencuri
  3. dilarang berzina
  4. dilarang berdusta
  5. dilarang meminium-minuman keras (mabuk)

pancasyiila pada ajaran Budha berbeda dengan Pancasila sebagai dasar Negara kita, namun maknanya hampir sama karena menyangkut moral manusia.

Proses perumusan pancasila diawali ketika dalam sidang BPUPKI pertama yang di ketahui oleh Dr. Radjiman Widyoningrat. Dalam sidang inilah tampil tiga orang pembicara yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dam Ir Soekarno.

Pada tanggal 1 Juni 1945 di dalam sidang Ir. Soekarno berpidato secara lisan (tanpa teks) tentang rumusan dasar Negara Indonesia. Kemudian Ir. Soekarno memberi nama dasar Negara kita dengan istilah “Pancasila” yang artinya lima dasar.

Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaan dan keesokan harinya Undanga-undang Dasar  1945, termasuk pembukaan UUD 45 yang di dalamnya termuat isi rumusan dasar Negara yaitu Pancasila.

Lambang Negara kita berbentuk burung garuda, yang dinamakan garuda pancasila, dibagian tengah lamabang itu tterdapat gambar-gambar berupa bintang, rantai dengan mata rantai bulat dan persegi, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Semua itu dilukiskan dalam suatu wadah berbentuk perisai.


Lambang apakah prisai itu ? perisai adalah lambang perlindungan dan pertahanan. Nah dasar Negara kita dilambangkan dengan perisai. Ini berarti bahwa dasar Negara kita, pancasila, dipergunakan sebagai alat untuk melindungi kita dari segala ancaman.

Apakah arit lambang-lambang itu ? bintang bersudut lima adalahh lambang sila ketuhanan yang maha esa, sila ketuhanan yang maha esa berarti kita :

  1. percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. menghormati semua pemeluk agama dan penganut kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. hidup rukun dengan siapa saja, dan
  4. tidak memaksakan agama kita kepada orang lain dan tidak mencela agama orang lain.


Lambang rantai dengan mata rantai bulat persegi  adallah sila kemanusiaan yang adil dan beradab, sikap dan tingkah laku yang berdasarkan sila kemanusiaan yang adil dan beradab, antara lain :
  1. sikap harga menghargai bahwa manusia itu sama derajatnya
  2. sikap berani membela kebenaran
  3. sikap sabar dan tepa selira atau tenggang rasa, dan
  4. sikap tidak sewenang-wenang kepada orang lain.
Lambang pohon beringin berarti sila persatuan Indonesia. Tingkah laku yang sesuai dengan sila persatuan Indonesia antara lain, adalah tingkah laku berdasarkan :
  1. sikap mendahualukan kepentingan Negara daripada kepentingan diri dan kelompok sendiri
  2. sikap berani berkorban untuk kepentingan bangsa karena mencintai bangsa dan Negara
  3. sikap menjunjung tinggi persatuan walaupun lingkungan dan adat kebiasaan kita berbeda-beda
  4. sikap memelihara persatuan bangsa


kepala banteng melambangkan kerakyatan yang di pimpim oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sikap tingkah laku yang sesuai dengan sila ini adalah : antara lain ;
  1. tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain
  2. bermusyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama
  3. mematuhi apa yang telah diputuskan bersama dan melaksanakannya
  4. mempercayai dan menghormati wakil-wakil kita dalam lembaga-lembanga perwakilan wakyat, MPR, DPR, DPD dan DPRD
  5. menghargai pendapat orang lain
  6. mempunyai tanggung jawab dan kewajiban disamping hak, dan
  7. sikap menjungjung tinggi sikap kekeluargaan

nah, itulah tingkah laku yang harus kita jalankan untuk kepentingan kita dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Marilah kita berbuat dan bertindak atas dasar sikap yang di sebut tadi agar segala-galanya berjalan dengan tertib dan  lancar, Negara kita aman, dan rakyat kita sejahtera dan bahagia.

Mengapa kita harus dapat berbuat dan bertingkah laku seperti yang di harapkan itu ? karena kita sudah merdeka, kita harus dapat mengatur Negara kita sendiri.

Hari proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah tanggal 17 agustus 1945 . peristiwa penting ini diabadikan dalam lambang Negara juga. Tanggal 17 dilambangkan dengan bulu masing-masing sayap brung garuda itu, yang berjumlah 17 helai; bulan agustus atau bulan ke delapan dengan bulu ekor garuda itu, yang berjumlah delapan helai. Tahun 1945 dilambangkan dengan bulu yang terdapat di leher garuda itu, yang semua berjumlah 45 helai.

Tulisan yang ada pada pita yang di cengkeram oleh kaki burung itu menggambarkan keanekaragaman kehidupan dan kebudayaan Indonesia ini. tulisan itu adalah “Bhinneka Tunggal Ika” adapun maksudnya adalah bahwa meskipun kita beraneka ragam, kita satu jua: satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, yaitu Indonesia.

Garuda pancasila adalah lambang Negara kita. Di dalamnya terdapat lambang pancasila. Kita harus bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan pancasila.(Berbagai Sumber), Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar