Rabu, 28 November 2012

Artikel-artikel Pendek



WANITA HAID DI HARI EID ;
Ummu Athiyah bercerita : kami pernah diperintahkan untuk keluar rumah pada hari raya sehingga kami mengeluarkan gadis-gadis dari pingitannya juga mengajak keluar wanita-wanita yang sedang haid dimana mereka berada dibelakang orang-orang yang mengerjakan sholat dan mereka bertakbir, berdoa seraya mengharap berkah hari tersebut serta kesuciannya (HR Bukhori)


FITRAH SUCI MANUSIA
Jika jiwa kita kuat, maka tidak pernah mengenal musuh dalam hidup ini, Bahwa ummat Islam menganjurkan ummatnya untuk menebarkan salam (Afsussalama bainakum). Bukan hanya ucapan salam, tapi bagaimana kondisi hati kita juga sesuai dengan  ucapan kita. Kita pun akan termasuk kedalam golongan orang yang kembali ke fitrah atau kesucian manusia, manusia yang hidup tanpa beban, tanpa iri hati, tanpa amarah, tanpa dendam. Yang hanya ada hanya keinginan untuk menjadi pribadi yang selalu setia kepada kesucian diri.


FASE TERBENTUKNYA MANUSIA
Fase pembentukan embrio di rahim ibu ; cairan, segumpal darah, segumpal daging, dan segumpal daging di gabungkan menjadi tulang belulang dan di bungkus menjadi daging sehingga masuk fase yang terakhir. Dan setiap fase berproses melalui 40 hari. Pada saat itu janin sudah di sempurnakan, sudah diberikan hati untuk berpikir, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar. Dan pada saat itulah, Allah meniupkan ruh kedalam janin.

SEDEKAH YANG BERBUAH
“dan perumpamaan orang-orang yang membelajakan hartanya karena mencari keridhoan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tiggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat. (QS. Al Baqarah : 256)

MEMAKAI BAJU MERAH DI HARI IDUL FITRI
Nabi bersabda “barangsiapa yang bangun (untuk  sholat) pada dua malam Hari Raya dengan penuh pengharapan niscaya hatinya tidak akan pernah mati pada hari dimana hati sedang mengalami kematian.” (HR. Ibnu Majah).

KELEDAI DAN ANJING MAMPU MELIHAT JIN
Meski  manusia tidak diberi kemampuan untuk melihat jin, tapi sebaian makhluk hidup lainnya seperti keledai dan anjing dapat melihat keberadaan jin. Sabda Nabi “jika kalian mendengar lolongan anjing dan ringkikan keledai di malam hari, hendaklah kalian ber-ta’awudz (memohon perlindungan) kepada Allah dari setan, karena keledai dan anjing dapat kalian lihat.” Keterangan hadist ini juga dibenarkan oleh para ilmuan tentang kebenaran hal tersebut.


CIRI-CIRI ORANG BERTAKWA
Sebagaimana dalam QS Ali Imran : 134  “ yakni yang pertama orang-orang yang mengindafakkan hartanya di waktu senang dan susah/duka, kedua, orang-orang yang sanggup memelihara amarahnya, ketiga, orang-orang yang suka memaafkan kesalahan orang lain”  jadi, Ulama terdahulu membuat tradisi maaf-memaafkan di waktu lebaran berpijak pada ayat itu. Sehingga kita dapat menjadai orang yang bertakwa.


KEISTIMEWAAN INTERAKSI VISUAL
Orang bisa berinteraksi dengan alat dan media komunikasi canggih saat sekarang ini, tapi, mereka sudah kehilangan interaksi langsung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin orang mengalami kesepian, maka ia semakin intens menggunakan komunikasi di dunia maya seperti, facebook. Orang seperti ini tergolong manusia yang gagal menjalin silaturrahmi. Mereka tidak dapat hidup sehat karena tidak berhubungan secara visual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar